Analisis SWOT Perusahaan Es Teh Indonesia


Sumber  Gambar: https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2022/08/1-2.png

Halo sobat, apakah kalian pernah mendengar sebuah minuman yang bernama es teh? tentu saja pasti pernah dong. Es teh merupakan minuman yang populer di Indonesia dikarenakan minuman ini selalu tersedia dimana-mana dari warteg hingga restoran. Minuman ini pun juga banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia.  

Dengan adanya peluang pasar masyarakat Indonesia yang kerap menikmati minuman klasik ini, Perusahaan Es Teh Indonesia memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka pasar mengenai minuman es teh. Namun, ini bukan hanya sekedar es teh biasa, perusahaan ini memberikan inovasi yang beragam untuk membedakan dirinya dengan yang lain. Minuman es teh ini diberikan inovasi dengan mengikuti tren zaman sekarang sehingga membuat banyak masyarakat penasaran yang ingin mencobanya.

Meski perusahaan ini belum lama berdiri, tepatnya berdiri pada tahun 2018. Namun, karena promosi yang masif serta masyarakat yang telah mengenal atau familiar terhadap produk es teh, hal ini membuat minuman dari perusahaan ini berkembang secara pesat dalam waktu yang relatif singkat.

Untuk mengetahui potensi dari perusahaan bisnis minuman ini, maka mari simak selanjutnya analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis minuman ini.

Analisis SWOT Bisnis Minuman Es Teh Indonesia

1) Strength (Kekuatan)

Sumber gambar : https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2022/08/3-1-1024x576.png

    Strength atau kekuatan merupakan unsur faktor yang berasal dari sisi internal perusahaan. Dalam perusahaan Es Teh Indonesia dan produk yang disediakan, analisisnya adalah sebagai berikut:

a)  Branding yang kuat, perusahaan ini memiliki nama brand yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Melalui nama merek saja, masyarakat sudah dapat mengetahui citra dan rasa dari produk yang dihasilkan.

b)  Produk yang inovatif, produk yang dihasilkan beranekaragam dan selalu berinovasi seiring waktu mengikuti mode/tren yang sedang hype.

c)  Distribusi yang luas, perusahaan ini berhasil melakukan pendistribusian yang luas di seluruh Indonesia. Diliput dari www.estehindonesia.com/news, pada akhir tahun 2022 Esteh Indonesia berhasil membuka 1000 outlet di seluruh Indonesia

d)  Harga yang terjangkau, produk yang disediakan dijual dengan harga yang terjangkau oleh dompet Anda serta produk tersebut berkualitas.


2) Weakness (Kelemahan)

Sumber gambar : https://cms.dailysocial.id/wpcontent/uploads/2022/08/2-2-1024x576.png
     

Selanjutnya yaitu, Weakness atau Kelemahan merupakan unsur faktor yang berasal dari sisi internal perusahaan yang dapat menghambat keberlangsungan dari bisnis tersebut. Berikut adalah analisis dari perusahaan Es Teh Indonesia:

a) Kurangnya inovasi dalam pemasaran, kurangnya melakukan pemasaran untuk memperkenalkan produk menyebabkan berkurangnya daya tarik masyarakat terhadap produk tersebut.

b)   Ekuitas merek yang kurang kuat, kurangnya ekuitas merek yang dimiliki menyebabkan kurangnya masyarakat menyadari akan kehadiran merek tersebut (brand awareness) dan persepsi masyarakat mengenai produk yang disediakan dari merek tersebut (perceived quality).

c)  Penerapan strategi pemasaran yang kurang, kurangnya pemanfaatan berbagai media untuk memasarkan merek dan produk sehingga menyebabkan menurunnya aktivitas penjualan sehingga merek kurang dikenali.


3) Opportunity (Peluang)

Sumber gambar : https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2022/08/4-1-1024x576.png

Berikutnya Opportunity atau Peluang, merupakan unsur yang berasal dari eksternal perusahaan yang berperan sebagai peluang atau kesempatan bagi suatu bisnis untuk berkembang. Analisisnya adalah sebagai berikut:

a)   Diminati mayoritas masyarakat Indonesia, seperti yang telah diketahui secara umum mayoritas masyarakat Indonesia cenderung mengonsumsi makanan utama didampingi dengan minuman manis secara khususnya adalah es teh yang dimana merupakan minuman yang simple dan murah.

b)  Revolusi terhadap gaya minuman, kini gaya-gaya minuman telah berinovasi seiring berjalannya waktu. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan es teh Indonesia dengan mengombinasikan produk es teh dengan rasa unik yang dapat menarik minat konsumen yang mencari pengalaman baru dan berbeda dalam minuman mereka.

c)  Ekspansi berskala besar, perusahaan ini telah membuka cabang sebanyak 1000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan Es Teh Indonesia sudah cukup mapan di pasar domestik dan dapat mempertimbangkan eskpansi ke pasar internasional.


4) Threat (Ancaman)


Sumber gambar : https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2022/08/5-1-1024x576.png

    Berikutnya adalah unsur terakhir yang perlu diketahui dalam analisis SWOT, unsur tersebut adalah Threat atau Ancaman, unsur yang berasal dari eksternal perusahaan yang berupa ancaman terbentuknya keterhambatan bagi suatu bisnis untuk berkembang. Analisisnya adalah sebagai berikut :

a)  Perubahan selera konsumen, perubahan selera konsumen dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah perubahan tren. Seperti yang telah diketahui, tren itu bersifat sementara dan mudah menghilang. Oleh karena itu, hal ini dapat memicu perubahan ketertarikan atau selera konsumen terhadap produk yang disajikan sehingga menjadi ancaman dari produk bisnis yang inovatif.

b) Kompetitor pasar yang kuat, pasar F&B merupakan salah satu jenis pasar yang memiliki pesaing terbanyak dari sekian pasar yang ada. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi suatu bisnis yang bergerak dalam bidang yang sama dikarenakan berjamurnya pesaing yang menjual produk berupa makanan dan minuman yang mirip ataupun serupa.

c)     Regulasi pangan dan bahan baku yang mahal, Perusahaan Es Teh Indonesia merupakan perusahaan yang telah melakukan ekspansi berskala besar. Oleh sebab itu, tentu membutuhkan biaya modal bahan baku yang lebih tinggi. Pada zaman sekarang, biaya bahan baku kiat meningkat seiring berjalannya waktu dan sulit untuk menemukan subsititusi yang tepat dikarenakan terdapat regulasi pangan yang mengatur keamanan pangan dan peraturan lainnya yang berdampak pada proses produksi dan komposisi produk.

 

Kesimpulan

          Perusahaan Es Teh Indonesia memiliki kekuatan dalam branding yang kuat dan memiliki jaringan distribusi yang luas. Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi seperti fluktuasi musiman dalam permintaan pasar, persaingan yang ketat, dan kemungkinan keterbatasan dalam hal inovasi produk. Dengan memanfaatkan peluang seperti revolusi terhadap gaya minuman, serta mengatasi ancaman seperti perubahan selera konsumen dan regulasi yang ketat, perusahaan ini dapat memposisikan diri dengan baik di pasar F&B di Indonesia.

Demikian analisis SWOT Perusahaan Es Teh Indonesia yang telah saya sajikan kepada teman-teman. Semoga melalui artikel ini, kalian dapat mendapatkan informasi mengenai gambaran besar keempat unsur analisis SWOT untuk bisnis minuman ini. Semoga bermanfaat!

Sumber referensi :
1. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/ekuitas/article/download/1080/791
2. https://dailysocial.id/post/simak-analisis-swot-bisnis-minuman-berikut-ini-lengkap
3. https://www.estehindonesia.com/ 

     

 

Komentar

  1. Sebagai seorang Akuntan Publik, saya telah merekomendasikan klien kepada Tn. Pedro selama bertahun-tahun dengan hasil yang luar biasa. Baru-baru ini saya berkesempatan menggunakan jasanya untuk pinjaman rumah saya, dan sekarang saya tahu mengapa klien saya selalu senang! Dia teliti, tepat waktu, ramah, dan yang terpenting berpengetahuan luas. Saya pasti akan merekomendasikannya untuk waktu yang lama kepada siapa pun yang mencari pinjaman, silakan hubungi Tn. Pedro dan perusahaan pendanaannya, Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang bekerja dengan investor terkemuka yang siap mendanai segala jenis proyek asalkan Anda bersedia melakukan pengembalian dana seperti yang dijanjikan. Berikut adalah informasi kontak Tn. Pedro” pedroloanss@gmail.com WhatsApp +393510140339 .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) : Es Teh Indonesia

Marketing Mix : Produk Es Teh Indonesia